Beranda | Artikel
Mendekati Remaja Perlu Usaha
Selasa, 26 September 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Mendekati Remaja Perlu Usaha merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 3 Rabi’ul Awal 1445 H / 19 September  2023 M.

Kajian Tentang Mendekati Remaja Perlu Usaha

Orang tua harus menjaga hubungan kedekatan dengan anak-anak, terutama anak remaja yang sedang mengalami masa transisi mencari jati diri dan menemukan eksistensi. Peran orang tua sangat penting dalam hal ini. Orang tua harus betul-betul bisa menjadi orang tua di samping anak-anak remaja.

Melakukan pendekatan dan menjalin hubungan yang baik dengan remaja tidaklah mudah, mengingat dunia remaja yang sangat dinamis, cepat berubah, dan dipengaruhi oleh tren dan hal-hal yang sedang populer saat itu.

Orang tua perlu mengimbangi dunia remaja hari ini. Sehingga orang tua mengetahui apa masalah yang sedang mereka hadapi agar dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga orang tua mengetahui apa masalah yang sedang mereka hadapi agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Dalam zaman ini, dimana teknologi informasi berkembang pesat, orang tua perlu mengimbangi perkembangan ini agar bisa berkomunikasi dengan anak-anak mereka yang sering kali lebih menguasai teknologi. Ketidakpahaman orang tua terhadap teknologi dan tren remaja bisa menghambat komunikasi dan pemahaman di antara keduanya. Bukan mengikuti mereka, tapi berusaha memahami dan mengetahui dunia remaja saat ini.

Tentunya, berbeda dengan masa-masa yang lalu, remaja dari generasi-generasi sebelumnya tidak menghadapi masalah-masalah seperti yang dihadapi saat ini. Misalnya, pengaruh gadget dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, serta keberadaan media sosial yang tidak bisa kita ingkari.

Maka dari itu, mendekati remaja memerlukan usaha, terutama dalam hal waktu. Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita tawar-tawar lagi. Pendekatan ini tidak akan berhasil tanpa waktu yang kita korbankan. Artinya, dibutuhkan bertemu dan bertatap muka secara langsung.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendekati remaja.

Mengetahui karakter anak-anak

Tentunya, untuk mendekati seseorang, kita perlu memahami karakter mereka. Setiap anak memiliki karakter dan sifat yang berbeda, dan memahami hal ini akan memudahkan kita dalam mendekatinya. Ada anak yang mungkin sensitif, ada yang pasif, ada yang introvert, ada juga yang ekstrovert. Cara mendekati anak-anak dengan karakter yang berbeda-beda ini akan berbeda satu sama lain.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar anak remaja merasa dekat dengan kita. Terkadang, hal ini juga membutuhkan dukungan materi. Meskipun uang bukan penentu, tapi perlu. Oleh karena itu, sebagai orang tua tidak boleh kikir atau pelit. Ini bukan berarti kita harus mengeluarkan uang secara boros, tetapi ada momen dimana kita harus perlu memberi materi itu. Terutama pada hal-hal penting pada kehidupan remaja yang mungkin bisa merubah masa depannya. Misalnya untuk pendidikan dan kesehatannya, ini jangan ditahan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53383-mendekati-remaja-perlu-usaha/